Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Ahmad Fadillah

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media belajar komik terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Farmasi Tangerang 1 pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Produk yang dihasilkan adalah media belajar komik matematika. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: kelayakan media belajar komik dan keterbacaan komik yang dilakukan oleh para pakar serta motivasi belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata persentase 83% yang artinya dapat disimpulkan bahwa media belajar komik layak digunakan untuk bahan ajar.

Abstract:  The purpose of this research is to develop a comic learning media on student learning motivation. This research was conducted in SMK Pharmacy Tangerang 1 in the even semester of academic year 2016/2017. The method used is Research and Development (R&D). The resulting product is a comic learning media mathematics. Data and analysis conducted in this research are: the feasibility of comic learning media and comic readability done by the experts as well as student learning motivation. Based on the data analysis results obtained average percentage of 83% which means it can be concluded that the comic learning media is worth using for teaching material.

Keywords


Media belajar komik, Motivasi belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Aisyah, Siti; dkk. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Abdul Jabar, Safrudin. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, E.B. (1993). Psikologi Perkembangan Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima), Jakarta: Erlangga

Hurlock, E.B, (1956). Child Development. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.

Matondang, Zulkifli. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularsa PPS UNIMED, 6(1), 87-97

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Purwa Atmaja Prawira. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Savinainen & Scott. (2002). The Force Concept Inventory. A Tool for Monitoring Student Learning, Physics Education.

Uno, Hamzah B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Zain, Muhammad. (2014). Wahana Komputer: Mudah Membuat Animasi dengan Adobe Flash CS5. Yogyakarta: Penerbit Andi,




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

JTAM already indexing:

                     


_______________________________________________

 

Creative Commons License

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

_______________________________________________

_______________________________________________ 

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: