Penerapan Metode Brain Storming Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Akomodasi Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan

Sirajuddin Sirajuddin, Rodi Kurniawan

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian adalah dengan menerapkan Metode Brain Stirming untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes evaluasi hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh hasil ketuntasan klasikal siswa pada siklus I sebesar 64,5% sedangkan pada siklus II diperoleh hasil ketuntasan klasikal siswa sebesar 90,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Brain Storming dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Barisan dan Deret.

Abstract:  The purpose of the study is to apply the Brain Stirming Method to improve student learning outcomes. This type of research is Classroom Action Research, the subject of this study were students of class XI Office Administration as many as 31 students. The research instrument used was the learning outcome evaluation test and observation sheet. Based on the results of data analysis, the results of classical completeness of students in the first cycle were 64.5%, while in the second cycle the results of classical completeness of students were 90.3%. Thus it can be concluded that the application of the Brain Storming Method can improve students' mathematics learning outcomes in the Sequence and Series material. 

Keywords


Brain Storming, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Nur Uhbiyati. (2003). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Bahurdin dan Esa Nur Wahyuni. (2008). Teory Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Dimmyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. (2012). Hasil Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Ghony D. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UIN-Malang Press.

Hamalik. (2009). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

M. Iqbal Hasan. (2002). Pokok-pokok Materi metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.

Suryadana I Wayan. (2013). Penerapan Kooparatif GI Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Passing Control Sepak Bola.

IrawatiAgus. Dkk. (2008). Buku BSE Mahir Matematika Untuk SMK non Teknin Kelas XI.Jakarta: PT Galaxy Puspa Mega

To’ali. (2008). Buku BSE Matematika SMK kelompok Penjualan dan Akutansi. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

JTAM already indexing:

                     


_______________________________________________

 

Creative Commons License

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

_______________________________________________

_______________________________________________ 

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: