Improving Critical Thinking Skills and Creativity of Fourth Grade Students in Social Science Using Inquiry Based Learning Model
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan (1st ed.). Kencana.
Aribawati, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. JUSTEK| Jurnal Sains & Teknologi, 1(1), 70–75.
Deshiana, A., Amanah, N., & Lestari, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Melingkar pada Siswa Kelas 5 SD. Proseding Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya.
Dewi, H. R., Mayasari, T., & Jeffry, H. (2017). Peningkatan Ketrampilan Berfikir Kreatif Siswa melalui Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbasis STEM. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 3, 20, 47–53.
Fauziah, Y. N. (2011). Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Edisi Khusus, 1(2), 98–106.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran (1st ed.). Insan Madani.
Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14, 121–126.
Inasyah, I. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2).
Indriyani, D., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1), 27–32.
Isti, N. D., & Suryanti. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal PGSD, 1(2), 1–14.
Kristianto, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(11), 1428–1443.
Liliasari. (2012). Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Sains Kimia Menuju Profesionalitas Guru. Jurnal Sekolah Pasca Sarjana UPI.
Malaka, S. (2011). 99 Tips Cerdas dan Efektif Berpikir Positif dan Berjiwa Besar (1st ed.). Araska.
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa (A. K. Putra (ed.); 1st ed.). Kekata Publisher.
Neka, I. K., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1).
Putra, R. D., Rinanto, Y., Dwiastuti, S., & Irfa, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 330–334.
Rodiyana, R. (2015). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.343
Rustini, T., & Tjandra, F. (2016). Penggunaan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS di SD. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2829
Wulandari, E., Suryanti, & Sudibyo, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education And Development, 8(3), 101–105.
DOI: https://doi.org/10.31764/ijeca.v4i2.5140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rosemey Ratna Purnawati, Maria Melani Ika Susanti, Maria Indarti Rustamti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application) already indexed:
___________________________________________________________________
|
____________________________________________________________________
IJECA Publisher Office: