PEMANFAATAN MEDIA VISUAL SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN SIKAP MODERAT MELALUI PENGUATAN MODERASI BERAGAMA
Abstract
Abstrak: Penguatan moderasi beragama melalui pembangunan sikap moderat merupakan upaya strategis untuk meningkatkan toleransi antaragama sekaligus mencegah penyebaran paham radikal. Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana media visual meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai konsep Moderasi Beragama. Pengabdian ini menggunakan metode sosialisasi dan praktikum. Data utama diperoleh melalui sosialisasi, penyuluhan dan pendampingan terhadap mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang aktif terlibat kegiatan Moderasi Beragama di lingkungan kampus. Pengabdian ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pusat moderasi beragama lemgaga penjaminan mutu (LPM) yang bekerja sama dengan pusat pengkajian Masyarakat (PPM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pengabdian ini dilaksanakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan melibatkan 400 peserta dalam kegiatan sosialisasi, dan 74 peserta dalam kegiatan pendampingan. Pengabdian ini menggunakan sistem evaluasi pre-test, post-test serta wawancara mendalam. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemanfaatan media visual dan teknologi sebagai pengembangan media pengajaran Moderasi Beragama memiliki peran penting dalam mendukung pembelajaran Moderasi Beragama. Berdasarkan hasil evaluasi, sebagian besar peserta (77,92%) menunjukkan pemahaman yang baik setelah mengikuti serangkaian kegiatan, termasuk sosialisasi, workshop, dan praktikum pembuatan konten visual.
Abstract: Strengthening religious moderation through building moderate attitudes is a strategic effort to increase interfaith tolerance while preventing the spread of radicalism. This service aims to explore how visual media improves students' understanding of the concept of Religious Moderation. This service uses socialization and practicum methods. The main data is obtained through socialization, counseling and mentoring of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta students who are actively involved in Religious Moderation activities in the campus environment. This service is an activity carried out by the Center for Religious Moderation of the Quality Assurance Agency (LPM) in collaboration with the Center for Community Studies (PPM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. This service was carried out at UIN Syarif Hidayatullah Jakarta by involving 400 participants in socialization activities, and 74 participants in mentoring activities. This service uses a pre-test, post-test and in-depth interview evaluation system. The results of the service show that the utilization of visual media and technology as the development of Religious Moderation teaching media has an important role in supporting Religious Moderation learning. Based on the evaluation results, most participants (77.92%) showed a good understanding after participating in a series of activities, including socialization, workshops, and practicum on visual content creation.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Anwar, K., & Rosid, A. (2025). Internasionalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Kalangan Mahasantri. In ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 8, Issue 1, p. 1). Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi. https://doi.org/10.69552/abdi_kami.v8i1.2694
Azizah, S., Ayuanita, K., Ismail, A., Fauziyah, S., & Soleh, B. (2024). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama pada Fiksi Mini. In ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT (Vol. 7, Issue 2, p. 833). IntSys Research. https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2238
Casmito, Achmad Rifai, R., & Harlanu, M. (2020). The Effect of Academic Supervision and Teacher Participation in Subject Teacher’s Meeting on Improving Teacher Performance of Islamic Junior High School. Proceedings of the International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.028
Dwi Susanti, M., & Alfurqan. (2021). Effectiveness of Visual Media Use in Islamic Religious Education Learning in Junior High School. ATTANWIR: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(2). http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/index
Evendi, W., Toyyibah, N., & Mulana, A. A. (2025). Penguatan Moderasi Beragama pada Remaja melalui Kegiatan Hadroh di TPQ Roudhotul Jannah Rungkut, Surabaya. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa (Vol. 3, Issue 3, pp. 877–884). PT. Amirul Bangun Bangsa. https://doi.org/10.59837/jpmba.v3i3.2329
Fitri, M., & Nurhadi, N. (2025). Moderasi Beragama dalam Tafsir Sufistik dan Relevansinya dengan Konsep Moderasi Beragama Kementerian Agama RI. In AHKAM (Vol. 4, Issue 2, pp. 369–409). Darul Yasin Al Sys. https://doi.org/10.58578/ahkam.v4i2.5642
Ginting, M. O., Siregar, A. S., & Pohan, I. (2025). Moderasi Beragama Dalam Perspektif Pendidikan Multikultural: Sebuah Kajian Konseptual. In PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 4, Issue 3, pp. 230–245). Jurnal Edu Riligia, Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan. https://doi.org/10.47006/pendalas.v4i3.512
Has, Q. A. Bin, & Rachman, E. (2024). Pelatihan Desain Flyer Dakwah Moderasi Beragama untuk Penguatan Pemahaman Moderasi Beragama Bagi Remaja Kota Metro. In Sivitas : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (Vol. 4, Issue 2, pp. 55–62). STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta. https://doi.org/10.52593/svs.04.2.02
Hasan, Moch. S., Ma’arif, M. A., & Ainiyah, Q. (2024). Edukasi Moderasi Beragama Melalui Seni dan Budaya Islam. In An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 2, Issue 2, pp. 128–139). STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang. https://doi.org/10.54437/annafah.v2i2.1658
Herdiana, D., Usemahu, A. R., Giovania, A., Rahmawati, A., Sidiq, A. M., & Maharani, D. F. (2024). Sosialisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Kreativitas Kaligrafi Bagi Anak-Anak. In Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, Issue 2, pp. 35–40). Institut Informatika Indonesia Surabaya. https://doi.org/10.34148/komatika.v3i2.628
Laila, A. N. (2020). Same verses detection apllication: An innovative media for memorizing Qur’an in Tahfidz pesantren. International Journal of Pharmaceutical Research, 12(4), 4515–4523. https://doi.org/10.31838/IJPR/2020.12.04.615
Lestari, Y. T., Amrull, A. T., Anisa, N., & Salabi, A. S. (2024). Penguatan Moderasi Beragama bagi Mahasiswa Fakultas Syariah UINSI Samarinda: Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan. In Ibrah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 3, Issue 2, pp. 63–72). Institute Agama Islam Negeri Lhokseumawe. https://doi.org/10.47766/ibrah.v3i2.3472
Masamah, U., Abdussakir, & Harithiya, A. F. (2024). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Digital-Interaktif Berbasis Moderasi Beragama Bagi Guru Di LP Ma’arif NU Kota Malang. In Transformatif : Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 5, Issue 2, pp. 185–197). IAIN Surakarta. https://doi.org/10.22515/tranformatif.v5i2.10056
Miskan, Fauziah, N., & Syatriadin. (2025). Strategi Komunikasi Islam Dalam Penguatan Moderasi Beragama di Indonesia. In Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan (Vol. 3, Issue 4, pp. 1377–1384). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.532
Mujlipah, N., & Setiawan, D. (2024). Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Film Pendek Rukuh Dan Relevansinya Dengan Nilai Pendidikan Agama Islam. In Mozaic : Islam Nusantara (Vol. 10, Issue 2, pp. 99–114). Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia. https://doi.org/10.47776/mozaic.v10i2.1097
Purwasih, W., Ariyani, D., & Ma’rufah, D. W. (2025). Pelatihan Alat Permainan Edukatif Bermuatan Moderasi Beragama di PAUD: Meningkatkan Pemahaman Toleransi Sejak Dini. In KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (Vol. 4, Issue 2, pp. 149–156). Yayasan Pelita Nusa Tenggara. https://doi.org/10.60004/komunita.v4i2.154
Ropiah, S., & Hafiz, S. (2025). Moderasi Beragama di Ruang Digital: Studi Kasus Pada Harmonisasi Moderasi Beragama di STAI Haji Agus Salim Cikarang Bekasi. In Action Research Journal Indonesia (ARJI) (Vol. 7, Issue 1). PT. Pusmedia Group Indonesia. https://doi.org/10.61227/arji.v7i1.268
Rusmiati, E. T., Alfudholli, M. A. H., Shodiqin, A., & Taufiqurokhman, T. (2022). Penguatan Moderasi Beragama di Pesantren untuk Mencegah Tumbuhnya Radikalisme. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 203–213. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.2162
Sahfiya, A. N., Nurhidayah, A., & Susanti, E. (2024). Pengaruh Penayangan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Moderasi Beragama Pada Siswa UPT SDN 01 Tanah Itam Ulu. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Komputer (Vol. 1, Issue 3, pp. 140–147). Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri. https://doi.org/10.70248/jpmik.v1i3.1278
Salsabila, U. H., Nuri, N. S., Fiddini, P. F., Sholikhah, D. A., & Rahmah AR, N. K. (2022). The Development Of Educational Technology In The Realm Of Islamic Boarding School Learning. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 10–20. https://doi.org/10.21154/maalim.v3i1.3413
Samheri, Fathurrosyid, & Fairuzah. (2025). Kontranarasi Ekstrimisme di Ruang Digital. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 5, Issue 2, pp. 101–115). Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas. https://doi.org/10.37567/pkm.v5i2.3710
Subhan, U. M., Utami, S., & Subhan, R. (2025). Penguatan Nilai-Nilai Islami dan Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Safari Ramadhan. In Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan (Vol. 3, Issue 2, pp. 60–64). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i2.351
Undas, H. S., Sasirais, I., & Sudianto. (2024). Konstruksi teologis-pedagogis moderasi beragama: Upaya pendidikan tinggi teologi mendorong moderasi di era digital. In KURIOS (Vol. 10, Issue 3, pp. 696–706). Sekolah Tinggi Teologi Pelita Bangsa Jakarta. https://doi.org/10.30995/kur.v10i3.1154
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.32170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Arif Zamhari, Ahmad Hifni, Atiqotul Fitriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: