Efektivitas Model Pembelajaran Artikulasi dan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar

Kiki Riska Ayu Kurniawati, Habib Ratu Perwira Negara

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas masing-masing kategori model pembelajaran, motivasi belajar siswa dan interaksinya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 5 Madiun yang terdiri dari 4 kelas. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode angket. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan anava dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikansi 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Artikulasi lebih baik dari model pembelajaran Talking Stick, (2) jika ditinjau dari masing-masing tingkatan motivasi belajar, siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi prestasi belajarnya jauh lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar sedang maupun rendah dan (3) model pembelajaran Artikulasi lebih efektif dari model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, untuk setiap tingkat motivasi belajar siswa.

Abstract:  The aims of this research were to find out the effectivennes of each categories of learning model, motivation to study and their interaction towards student mathematics learning achievement. The population was all students of grade VIII Five Junior High School of Madiun City consisted of four class. Sampling was done by cluster random sampling technique. The hypothesis test used unbalanced two ways analysis of variance at the significance level of 0.05. The conclution of this research that (1) the model of Articulation learning gives a better mathematics achievement than model of Talking Stick learning, (2) students with the high motivation to study had better achievement than students with the medium and low motivation to study, and (3) the model of Articulation learning was more effective than the model of Talking Stick learning to enhance students mathematics learning achievement for each level of students motivation to study.

Keywords


Artikulasi; Talking Stick; Motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Nur, M. dan Wikandari, P. R. (2008). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya

Saktiono, A. C. (2011). Efektifitas Model Pembelajaran Artikulasi dan Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bendo, IKIP PGRI Madiun, Madiun

Subana dan Sudrajat. (2001). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Susilo, F. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Fisika Siswa di SMP N 3 Ngawi Tahun 2009/2010, IKIP PGRI Madiun, Madiun

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

JTAM already indexing:

                     


_______________________________________________

 

Creative Commons License

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

_______________________________________________

_______________________________________________ 

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: