Implementation of Lesson Study Based Collaborative Learning: Analysis of Improving Science Learning Achievement of Elementary School Students during Pandemic Covid-19
Abstract
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Cintamulya, I. (2012). Peranan Pendidikan Dalam Mempersiapkan Sumber. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 90–101. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/89/87%0A
Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113
Hamna, & BK, M. K. U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, XII(1), 62–73. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/556
Hasan, H. (2015). Kendala yang Dihadapi Guru dalam Proses Belajar Mengajar Matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. JURNAL PESONA DASAR: Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala, 1(4), 40–51. http://e-repository.unsyiah.ac.id/PEAR/article/viewFile/7524/6192
Inmendagri. (2021). Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 Dan Level 1 Serta Mengoptimalkan Posko Penanganan COVID-19 Di Tingkat Desa Dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19. 5–24. https://covid19.go.id/p/regulasi/instruksi-menteri-dalam-negeri-nomor-32-tahun-2021
Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 2098–2105. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128 Copyright
Murtisal, et. al. (2016). Implementasi Pembelajaran Berbasis Lesson Study terhadap Kompetensi Pedagogik dan Keterampilan Proses Sains Guru Biologi SMA Negeri 11 dan MA Negeri 3 Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik, 4(1), 81–94. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/1074
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954
Ratnawati, R. (2017). Developing a Lesson Plan for Teaching English for Specific Purposes To Adult Learners At a Private University. JALL (Journal of Applied Linguistics and Literacy), 1(2), 33. https://doi.org/10.25157/jall.v1i2.1729
Riyati, S. (2007). Sistem Pembinaan Profesional Guru Pendidikan IPA Melalui Lesson Study. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Saputri, D. F., Fadillah, S., Nurhayati, N., & Nurussaniah, N. (2019). Pelatihan Pembuatan Lesson Plan dan Media Pembelajaran bagi Guru di Sekolah Dasar Negeri 34 Pontianak Kota. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 22. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i1.747
Sato, M. (2012). Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama: Praktek Learning Community. Jakarta: JICA-Kemendikbud-Kemenag.
Setiawati, L., & Sudira, P. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 325. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6487
Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://media.neliti.com/media/publications/334633-menciptakan-pembelajaran-yang-efektif-da-06bf8967.pdf
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, 112.
Supriyati. (2015). Pembelajaran sains untuk anak sd/mi dengan pendekatan saintifik. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 1(2), 45–51. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/download/1034/886
Suwartini, S. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234. https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf
Tursinawati. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pionir, 1(1), 67–84. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download/157/138
Utamajaya, J. N., ; S. O. M., ; A. M., ; H. N., & BK, ; Muh. Khaerul Ummah. (2020). Investigating the Teaching Models, Strategies and Technological Innovations for Classroom Learning after School Reopening. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 17(7), 13141–13150. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/5063
Widiadi, A.N. & Utami, I. W. P. (2016). Praksis Lesson Study for Learning Communitydalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Kolaborasi Kolegial Guru dan Dosen. JTP2: Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(2), 77–88. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/1571/858
Witarsa, R. et. al. (2018). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Pemecahan Masalah. JURNAL BASICEDU: Research & Learning in Elementary Education, 2(3), 57–69.
DOI: https://doi.org/10.31764/ijeca.v4i3.5763
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hamna Hamna, Muh. Khaerul Ummah BK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application) already indexed:
___________________________________________________________________
|
____________________________________________________________________
IJECA Publisher Office: